Jumat, 12 September 2014

Obyek Wisata Lombok Tak Boleh Terlewatkan

Mendengar nama Pantai Kuta, sangat pikiran anda langsung tertuju ke Pulau Bali. Tetapi ternyata pada selatan Pulau Pulau Lombok begitu juga terdapat sesuatu pantai yang diberikan nama Pantai Kuta.

Pantai Kuta Pulau Lombok letaknya di Kabupaten Pulau Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Suatu pantai yang jadi obyek berlibur andalan di Lombok itu mempunyai ombak yang tetap tenang, begitu serta juga suasananya.

Pada awalnya Pantai Kuta Pulau Lombok tersebut sungguh sangatlah sepi serta hampir bukan didatangi oleh pelancong. Berbeda dan Pantai Kuta di Bali yang amat padat dan komersial. Pantai yang letaknya dalam Desa Kuta ini ibaratkan putri cantik yang sangat pemalu.

Tak banyak orang yang akrab bahwa pada pantai selatan Pulau Seribu Masjid tersebut dan terdapat pantai yang amat hebat yang dengan bernama Kuta. Suatu itu sebab kurangnya pandangan serta promosi yang kurang gencar dari pemerintah daerah setempat.

Pantai Kuta Pulau Lombok ini mempunyai pasir putih dan lautan biru yang membentuk setengah lingkaran dengan berkelok serta dikelilingi menurut hijaunya perbukitan yang menambah keindahan pantai ini.

Namun keunikan dari Pantai Kuta Lombok ialah butiran-butiran pasirnya relatif besar dengan berbentuk seperti merica yang tidak terdapat dalam pantai-pantai selanjutnya.

Kalau kita berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki, maka bakal kecanduan sensasi yang berbeda serta nyaman saat menginjak pasir pantai tersebut. Selain pemandangannya yang spektakuler, lokasi pantai itu dengan populer akan tempat berselancar. Dominan wisatawan atau peselancar yang uji ombak dalam pantai ini.

Pantai berpasir putih tersebut terletak pada Desa Kuta yang tempatnya bukan jauh dari Bandara Global Lombok (BIL). Desa Kuta mulai jadi tempat bertamasya mulai didirikannya hotel-hotel yang update. Selain terdapat keindahan yang mampu dinikmati pelancong setiap berkunjung pada desa tersebut, di satu kali di setahun (biasanya bulan Februari atau Maret) akan diadakan upacara Sasak dalam desa tersebut.

Upacara itu dimaksud juga upacara Bau Nyale, dalam mana para pelaut mencari cacing Nyale dalam laut. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat sekitar pantai, dahulu ada seorang putri berparas selalu cantik juga berambut panjang yang bernama Putri Mandalika. Banyaknya lamaran dari pangeran serta pemuda membuat Putri Mandalika bingung demi mengambil keputusan, maka dia pun terjun menuju laut.

Sebelum terjun dia berjanji bakal kembali satu kali dalam setahun. Rambut panjang Putri Mandalika inilah yang lalu menjelma jadi Nyale (cacing laut). Maka demi memperingati sekaligus menanti di datangi Putri Mandalika, rakyat setempat menyelenggarakan upacara Nyale. Masyarakat dengan meyakini jika pasir berbentuk merica yang terdapat pada Pantai Kuta Pulau Lombok tersebut adalah sarang nyale yang jumlahnya jutaan.

1 komentar:

  1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB

    BalasHapus